Menikmati Pilihan Wisata Alam dan Sejarah Paling Populer di Surabaya

Dua hal yang langsung terlintas dalam pengalaman wisata di Surabaya, adalah sejarah dan alamnya. Ketika Anda berkunjung ke Surabaya, Anda terlalu ceroboh kalau mengabaikan dua jenis wisata tersebut.

Berkembangnya wisata alam dan wisata sejarah di Surabaya, merupakan wujud kepedulian yang luar biasa. Bukan hanya kepedulian pemerintah, tapi juga pihak swasta dan masyarakat Surabaya sendiri. Kepedulian pemerintah dan swasta sebagai pengelola, mampu menarik minat wisata masyarakat.

Ibukota provinsi Jawa Timur, sekaligus kota tersibuk kedua di Indonesia ini, memang identik dengan sejarah. Cerita mereka tertulis dengan tinta emas, dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Belum ada kota lain yang digambarkan segagah Surabaya, hingga dijuluki Kota Pahlawan.

Berkat goresan tinta emas, Surabaya menjelma sebagai kota yang sangat strategis. Kemajuan Surabaya berjalan cepat tanpa embel-embel keraton. Lihatlah kemampuan mereka menyediakan bandar udara dan pelabuhan bertaraf internasional.

Akomodasi ini segera memapankan Surabaya sebagai penghubung yang mendukung perkembangan daerah penyangganya. Gerbangkertosusila (Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan), segera menawarkan pelengkap wisata Anda di Surabaya, dengan ketersediaan sejumlah akses tol dan akses komuter.

Kota Pahlawan juga memiliki 4 stasiun kereta api antar provinsi. Tentu saja perjalanan wisata dengan menempuh kereta api, jauh lebih menyenangkan. Peralihan panorama dari satu pemberhentian ke pemberhentian lain, pasti mengalahkan suasana naik pesawat. Jangan lagi bandingkan dengan perjalanan berkendara mobil. Dari sisi waktu dan kenyamanannya, perbandingan kereta api dan mobil sangat jauh berbeda.

Mudahnya Naik Kereta Api

Mudahnya Naik Kereta Api

Kereta Api – Visitlondon.com

Berkendara mobil sebenarnya tidak terlalu buruk. Barang primer yang semakin mudah dicicil itu juga cocok untuk dipakai menikmati peralihan panorama. Anda tidak akan kesulitan menjangkau taman-taman wisata alam yang atraktif di Surabaya.

Akan tetapi, bijaklah menghitung ulang ongkos singgah di satu rest area. Kalau diakumulasi, apakah harga tiket kereta api di situs Traveloka masih terkesan mahal?

Sebaliknya, perencanaan wisata melalui Traveloka justru lebih mudah dan praktis. Cukup dengan mengunduh aplikasi kereta api di Google Play, Anda telah memudahkan rencana berlibur ke Surabaya. Sempurnakan rencana Anda, dengan menentukan tanggal keberangkatan dan tanggal pulang saat memesan tiket kereta api di Traveloka.

Keberhasilan Anda melakukan pemesanan, sangat berpengaruh pada penentuan objek wisata. Jadi, kesempatan menyaksikan perkembangan wisata alam dan sejarah di Surabaya, bisa semakin terbuka dan menyenangkan.

6 Objek Wisata Terpopuler di Surabaya

objek wisata surabaya

Taman Prestasi – Panduanwisatasurabaya.com

Sebagai kota metropolis paling sibuk kedua di Pulau Jawa, Surabaya punya karakter yang harus disiasati. Jangan sampai kegembiraan menjadwalkan liburan ke sana, buyar begitu saja karena Anda terjebak macet.

Dari 31 kecamatan di Surabaya, terdapat 6 objek wisata paling populer yang lokasinya cukup menyebar. Berikut ini pilihan-pilihan yang harus Anda cermati.

1.Hutan Mangrove Wonorejo

Hutan Mangrove Wonorejo ini menawarkan pesona hutan alami yang sangat luar biasa. Dengan berjalan menyusuri jembatan bambu yang berada di atas air, Anda akan mendapatkan pengalaman liburan berkesan di sini. Pesona hijaunya hutan juga dapat Anda rasakan dengan menyewa perahu yang melintasi sungai. Berlokasi di Jalan Bozem Wonorejo, Wonorejo, Rungkut, Anda bisa berkunjung ke sini mulai dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore.

2.Taman Prestasi Surabaya

Taman dengan luas 6.000 meter persegi ini, dulunya bernama Taman Pintar. Seiring perkembangan waktu, dan penempatan banyak replika penghargaan, namanya pun diganti menjadi Taman Prestasi. Di sini Andabisa menemukan replika Pesawat Bomber B-26 Intruder, yang berperan besar selama perang kemerdekaan, dari tahun 1950-1977. Terletak di Jalan Ketabang Kali No. 6, Ketabang, Genteng, datanglah antara pukul 6.00-16.00 WIB.

3.Monumen Bambu Runcing

Monumen Bambu Runcing merupakan bangunan yang didirikan untuk memperingati semangat perjuangan arek-arek Suroboyo dan masyarakat Indonesia dalam mengusir penjajah. Berdiri gagah di jalan Panglima Sudirman di tengah padatnya lalu lintas kota, monumen ini memiliki 5 pilar besar dan tinggi, serta mengalir air dari ujung bambu pada waktu tertentu. Taman hias yang mengelilingi Bambu Runcing, semakin mempercantik monumen dan menjadi penyerap polusi. Monumen ini beralamat di Jalan Panglima Sudirman, Embong Kaliasin, Genteng. Waktu kunjung terbaiknya antara jam 4 sore sampai jam 9 malam.

4.Taman Mundu Tambaksari

Taman seluas 4.800 meter persegi ini diresmikan oleh Walikota Surabaya pada tahun 2010. Penamaan Mundu diambil dari 2 buah pohon Mundu besar, yang tertanam di taman ini. Menjelang malam semburan air mancur yang berpadu dengan warna-warni lampu, semakin menegaskan kekhasan Taman Mundu, yang jadi lokasi favorit para fotografer. Berada di Jalan Juwet, Tambaksari, Anda bisa datang ke taman ini antara pukul 16.00-21.00 WIB.

5.Danau Angsa Pakuwon City

Daya tarik Danau Angsa ini sebenarnya terletak pada bangunan berarsitektur Yunani di seberangnya. Lokasi fotografi favorit warga Surabaya ini, menyuguhkan pilar-pilar khas Romawi, kolam dengan angsa putih yang anggun, serta taman bunga. Temukan lokasinya di Jalan Kalisari Darma Sel. III Blok H-3 No.1, Kalisari, Mulyorejo. Usahakanlah Anda datang selepas jam 3 sore sampai sebelum jam 9 malam.

6.Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam merupakan objek wisata yang menggambarkan perjuangan kemerdekaan Indonesia. Di dalamnya terdapat KRI Pasopati yang berjenis KRI SS dengan tipe Whisky Class, buatan tahun 1952, di Vladi, Rusia. Jam operasional museum adalah pukul 8.00-21.00 WIB. Untuk mencapainya, Anda bisa melangkah ke Jalan Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Genteng.

Mengutamakan objek wisata yang popularitasnya baik adalah sebuah pilihan bijak. Oleh karena itu, sesuaikanlah pilihan bijak Anda dengan pengalaman wisata yang ingin Anda dapatkan. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur, ya!

Post A Reply