Perbandingan antara All in one SEO Pack vs WordPress SEO by Yoast

Memilih plugin untuk seo di website atau blog yang menggunakan core wordpress memang susah susah gampang. Kalo mau tau yha harus d coba, itu kata para mastah-mastah SEO. hohoo. Ada 2 plugin SEO wordpress yang terkenal yaitu All in one SEO Pack dan WordPress SEO by Yoast.

Nah, kali ini ane mau ngebahas 2 plugin SEO tersebut, yaitu Perbandingan antara All in one SEO Pack vs WordPress SEO by Yoast. Namun untuk memutuskan plugin mana yang mau ente pake, yha ane kembalikan ke ente lagi gan. Cz semuanya bergantung dari pemahaman ente tentang seo dan pilihan hati agan.. caelaa… Yang paling penting adalah jangan memakai atau menginstall plugin All in one SEO Pack dan WordPress SEO by Yoast secara bersamaan. Karena fungsinya sama, yaitu sama-sama mengoptimasi SEO on page.

Oke deh berikut pembahasannya, dari pengalaman ane make 2 plugin ini:

Review WordPress SEO by Yoast:

All in One SEO Pack vs WordPress SEO by Yoast

Hal pertama yang ada pada plugin ini adalah adanya tutorial penggunaan plugin melalui Tour nya. Hal ini memudahkan kita dalam menggunakan plugin ini untuk membiasakan diri dengan fungsi yang ada di plugin ini pada awal penggunaannya.  Jadi siapapun kita, akan lebih mudah memahami maksud dan fungsi dari pengaturan plugin ini. Hal tersebut sangat membantu seorang blogger yang kurang memiliki pengetahuan teknis tentang onpage SEO.

Setelah instalasi yang mudah, pengguna dapat menggunakan pengaturan biasa seperti yang ada di All in One SEO Pack seperti deskripsi Meta, tag dan lainnya. Namun WordPress SEO by Yoast ini memiliki beberapa fitur penting berikut:

  1. Yoast memiliki widget berupa Snippet Preview di halaman Posting (dan Edit Posting) yang akan ngatih tau ente bagaimana postingan ente itu terlihat di SERP (Search Engine Result Page) atau halaman pencarian mesin pencari (google misalnya). Nah, hal tersebut tentu membantu ente yang kurang paham tentang fungsi dari meta-meta yang ada dalam sebuah file html (file postingan ente gan).
  2. Yoast juga memiliki fitur Breadcrumbs,  yaitu navigasi suatu halaman. Gini lho gan contoh nya: Produk >> Pakaian >> Baju. Nah Breadcrumbs ini lebih disukai mesin pencari seperti google, karena juga memudahkan para pembaca artikel.
  3. Yoast memiliki alat diagnosis yang masih berada di halaman Posting bernama Page Analysis, yang akan ngasih tau ente apa kesalahan umum ente tentang SEO di halaman tersebut. Ini sangat penting dan mudah dalam panduan optimalisasi SEO on page.
  4. Fitur-fitur lain dari Yoast adalah XML Sitemaps (jadi ga perlu install plugin untuk membuat sitemap lagi) dan kemampuan untuk mengakses dan mengedit htaccess dan robots.txt dari panel admin.

[iklan]


Review All in one SEO Pack:

Berbeda dengan Wordpres SEO by Yoast, plugin All in one SEO Pack ini lebih mudah di setting nya, karena hanya berada dalam 1 halaman setting. Nah inilah mungkin yang dianggap sebagai kekurangan plugin ini karena sedikitnya fitur-fitur SEO yang diberikan. Mendukung URL canonical, memiliki pengaturan, standar (default) sehingga deskripsi dapat diambil dari konten itu sendiri.

Sangat mudah mengatur atau menyeting plugin ini. Namun plugin ini lebih komersial, karena plugin ini memiliki 2 versi, yaitu versi gratis dan versi premium. Nah tentu dengan adanya perbedaan versi ini juga menimbulkan adanya perbedaan fitur. Yaitu, plugin dengan versi premium (berbayar) memiliki fitur yang lebih. Apa kelebihannya ane juga blom tau gan, cz ane ga pernah pke plugin All in one SEO Pack versi premium nya. 😀


Perbandingan All in One SEO Pack vs WordPress SEO by Yoast dan kesimpulan:

Terlihat jelas bahwa Yoast memiliki lebih banyak fitur, lalu mengapa masih da aja yang menggunakan All In One SEO Pack? dan Mengapa All in one SEO Pack masih menjadi plugin yang paling banyak digunakan di dunia?  Jelas karena jumlah fitur bukanlah satu-satunya hal yang penting, tidak hanya dalam kasus ini, tetapi juga pada setiap bagian dari perangkat lunak (software). Beberapa fitur yang ada di Yoast dapat dengan mudah ditambahkan oleh plugin plugin lain. Di sisi lain, bagi ente yang minimalis mungkin lebih suka All In One SEO pack, karena memberikan fitur dan hal-hal dasar dalam SEO on page, dan tentu lebih mudah untuk mengaturnya.

Jadi, keputusannya kembali lagi ke ente gan, tapi jelas kalo WordPress SEO by Yoast, tetep merupakan plugin SEO on page yang memiliki fitur yang banyak. 🙂

That’s it.

2 Comments

You can post comments in this post.


  • waduh ane instal duaduanya!!
    mending pake Yoas kayaknya

    deri 4 years ago Reply


  • gan, kok indeknya lama ya pake yoast? tapi kalo pake aio kok gak ada 24 hours sudah keindek… kira2 efeknya apa yah untuk jangka panjang?

    Modifikasi Mobil 4 years ago Reply


Post A Reply