Tips Mulut Sehat agar tidak bau ketika menjalankan Puasa

Gan, ini ane mu share tips kesehatan ketika berpuasa dari tmen ane di fb:

Selama berpuasa agar nilai ibadah berpuasa tetap terjaga maka kesehatan mulut harus selalu diperhatikan. Untuk itu praktisi klinis sekaligus staf pengajar Ilmu Penyakit Dalam di FKUI/RSCM Ari Fahrial Syam memberikan tips, yakni:

1. Memelihara kebersihan mulut dengan menggosok gigi dan lidah setelah sahur dan setelah berbuka. Jangan menunda gosok gigi untuk tidur terlebih dahulu setelah kita sahur.

2. Gunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau dengan sikat gigi.

3. Minum air putih sebanyak 8-10 gelas selama kita berbuka dan saat sahur.

4. Konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan selama berbuka dan sahur. Beberapa buah-buahan tertentu seperti semangka, bangkuang merupakan buah yang baik dikonsumsi karena banyak mengandung air.

5. Hindari untuk merokok, karena akan memperburuk kebersihan mulut. Selain itu, rokok sendiri menimbulkan aroma yang tidak sedap.

6. Jika kebetulan ada masalah dengan gigi selama berpuasa segera kontrol kepada dokter gigi, agar perawatan gigi dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya.

7. Hindari makanan yang berorama tajam antara lain bawang, petai, jengkol serta durian.

8. Hindari makanan yang mudah lengket pada gigi seperti coklat, es krim, biskuit dan kue basah lainya. Jika memang tetap ingin mengkonsumsi makanan tersebut segera berkumur atau dibersihkan agar makanan tersebut tidak menempel pada gigi dalam waktu yang lama.

“Akhirnya bau mulut sebenarnya dapat diminimalkan selama kita berpuasa dengan tetap memperhatikan kebersihan mulut dan mengkonsumsi makanan, minuman dan buah-buahan yang baik untuk kebersihan mulut,” jelas dia.

Jika ada masalah dengan bau mulut tak sedap maka harus dicari apakah bau kulut yang tidak sedap tersebut berhubungan karena adanya penyebab lain selain akibat mulut kering karena berpuasa Ramadhan. [PR/H-15]

Post A Reply